Wednesday 25 March 2015

8 metode pembelajaran kepada anak

Bismillahi rahmanirahim. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

1. KETELADANAN, Keteladanaan adalah sarana terpenting pedidikan, maka jadilah engkau contoh teladan dan potret nyata kebaikan dan bagaimana mnghindari keburukan. Dalam Islam, sgt tercela sekali jika ada seseorang yg mengatakan sesuatu tetapi tidak dikerjakan. Qs Ash shaf 2-3
Orang tua, khususnya ibu, adalah contoh paling tinggi bagi anak.
Contoh perilaku yang nyata a/ yg paling membekas di jiwa anak.
Saat emosi tahan diri. Karena anak memperhatikan segala sesuatu, dan meniru dgn sempurna.
2. BIMBINGAN & NASEHAT, idealnya seorang ibu adalah figur yang paling dekat dengan anak. Yang nasehat nya di dengar dan di camkan anak. Mampu memberikan kata-kata penuh cinta. Jiwa anak sangat terpengaruh oleh kata-kata yg penuh kasih sayang. Bicaralah dari hati, niscaya kata2mu akan langsung merasuk ke dalam hati.
3. KISAH & CERITA, kita harus pandai bercerita kepada anak. Cerita yg di sertai dengan penjiwaan sangat diperlukan. Sebab kisah, apalagi kisah nyata akan sangat membekas di jiwa anak. Kisah merupakan sarana pendidikan yg efektif karena dapat memperkokoh ingatan anak dan membangkitkan kesadaran berpikirnya.
Kisah jg akan membantu kelancaran komunikasi, meningkatkan kehangatan hubungan ortu dan anak. 
4. MENGAMBIL PELAJARAN DARI BERBAGAI PERISTIWA & KEJADIAN, peristiwa sehari-hari bisa memberikan pengaruh sikap terhadap peristiwa yg akan terjadi di kemudian hari. Ambilah pelajaran dalam setiap peristiwa. Seorg ibu di tuntut cerdas melihat peluang mngambil pelajaran dari suatu peristiwa dan mngajarkannya ke anak.
5. PEMBIASAAN, biasakan anak melakukan kebaikan. Jika anak terBiasa melakukan kebaikan secara teratur maka akan menjadi kebiasaan. Jika sudah tersisa maka segala urusan akan lebih mudah. Dari hal-hal yg sepele sampai hal-hal besar. Jangan biasakan anak mnjadi manja. Biasakan mereka mnjadi anak yg bertanggung jawab.
6. MEMANFAATKAN WAKTU LUANG, dua nikmat yg d lalaikan manusia adalah nikmat sehat dan waktu luang. Sebenarnya anak kadang tidak tahu tahu mau ngapain. Anak ingin beraktifitas bersama dengan ortu. Luangkan waktu bersama anak. Jgn salahkan anak saat anak mnonton tv terus menerus jika kita juga belum menyisihkan waktu berkegiatan bersama mereka.
7. PEMBERIAN MOTIVASI, adalah hadiah bg anak.
8. PEMBERIAN HUKUMAN,  pemberian hukuman ada tuntunannya dalam Islam. Pemberian hadiah ataupun hukuman seperti pemberian obat. Obat itu harus diberikan sesuai dosisnya. Perhatikan waktu pemberiannya.
Keseimbangan dalam memberikan hadiah dan hukuman,  ambillah keseimbangan yg d berikan Allah kepada hambaNya. Yg membuka pintu pahala seluas-luasnya. Dan mempersulit pemberian dosa kepada umatNya. Jika orang berniat baik Allah mberikan 1pahala, saat melakukan kebaikan 1 pahala lg. Saat orang berniat jahat, Allah tidak memberi dosa, saat niat buruk tidak d lakukan Allah beri 1 pahala. Saat niat buruk dilakukan Allah mberi dosa, tapi tidak dengan tinta permanent, alias bisa d hapuskan.
Hadiah yg terbaik adalah pengakuan, penghargaan, perhatian verbal (pujian),doa, perhatian fisik (pelukan, belaian).

No comments:

Post a Comment